7 Manfaat Olahraga Yang Tidak Terduga

7 Manfaat Olahraga Yang Tidak Terduga

Things Idont UnderStand – Meskipun hanya berolahraga selama 10 menit sehari, olahraga tetap membawa banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi stres, mempercantik kulit dan memperlambat proses penuaan. Para ilmuwan di Pennington Center for Biomedical Research (Louisiana, USA) telah menunjukkan bahwa olahraga sebenarnya memiliki efek penyembuhan. “Tidak ada obat yang bekerja dengan baik selain berolahraga,” kata Claude Bouchard, kepala penelitian genom. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah manfaat olahraga bagi tubuh.

Manfaat olahraga yang tidak terduga

1. Berolahraga baik untuk otak

Menurut Time , olahraga teratur membantu orang mengurangi depresi, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan menyerap pengetahuan baru. Selain itu, olahraga juga memperlambat proses degenerasi otak, membantu mencegah penyakit Alzheimer (demensia pada lansia).

2. Membantu menjadi lebih bahagia

Olahraga merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon yang bermanfaat bagi otak, membantu menghilangkan rasa sakit dan stres dan membuat orang merasa baik. “Selama bertahun-tahun, kami telah fokus pada manfaat olahraga untuk kesehatan manusia. Bahkan, olahraga teratur juga sangat membantu dalam meningkatkan penyakit mental dan psikologis. , Cedric Bryant, Direktur Ilmiah Dewan ACE,.

3. Memperpanjang Usia

Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengambil bagian dalam olahraga teratur memperpanjang umur. Baru-baru ini, para ahli medis juga menunjukkan bahwa sel memperlambat penuaan. Dengan demikian, bekerja keras tidak hanya akan membantu Anda hidup lebih lama tetapi juga menjadi sehat.

4. Kecantikan kulit

Gerakan meningkatkan sirkulasi darah, menyediakan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memelihara kulit. Selain itu, juga berfungsi menyembuhkan luka dengan cepat.

5. Kurang berolahraga masih bermanfaat

Martin Gibala, seorang bio-fisiologis di McMaster University (Ontario, Kanada) telah menyusun dua program latihan yang berbeda. Setelah 3 bulan penelitian, Martin sangat terkejut ketika kelompok relawan yang berpartisipasi dalam rencana pelajaran 10 menit setiap hari memiliki peningkatan yang sama dengan kelompok program 50 menit.

6. Mengurangi penyakit kronis

Orang dengan penyakit kronis yang parah seperti diabetes, gagal jantung, dll. Semua dapat meningkatkan kesehatan mereka dengan berolahraga. Penelitian pada lebih dari 300 pasien stroke menunjukkan bahwa orang yang aktif setiap hari, walaupun mereka hanya berjalan beberapa langkah, memiliki tingkat pemulihan yang lebih kuat daripada yang lain.

7. Kurangi lemak

Tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi yang tersimpan. Karena itu, olahraga akan membantu membakar lemak berlebih. Selain itu, ketika tubuh menjadi lebih lunak, kemampuan untuk menderita penyakit seperti rasa sakit dan radang sendi juga berkurang secara signifikan.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari olagraga, Anda juga harus tahu. Bahwa ada tanda dari tubuh yang dapat memperingatkan kita, jika kita harus membutuhkan olahraga.

Tanda peringatan yang Anda butuhkan untuk berolahraga

Selalu merasa lelah, stres, sakit yang tidak dapat dijelaskan, sulit tidur adalah tanda bahwa tubuh memperingatkan Anda untuk berolahraga untuk meningkatkan kesehatan.

  • Anda selalu merasa lelah: Menurut Reader’s Digest , meskipun makan sehat, cukup tidur, Anda masih merasa lelah ini saat Anda perlu berolahraga lebih banyak. Sebuah studi dari University of Georgia, AS, menunjukkan bahwa Anda hanya membutuhkan 20 menit olahraga dan mempertahankan 3 kali / minggu, tingkat energi akan meningkat sebesar 20%. Pada saat yang sama, penelitian ini juga menemukan bahwa olahraga secara langsung mempengaruhi sistem saraf pusat, mengurangi kelelahan hingga 65%.
  • Nyeri yang tidak dapat dijelaskan: Ketika Anda bangun di pagi hari, secara alami Anda melihat sakit punggung bagian bawah, lutut atau bahu. Pada titik ini, Anda hanya perlu menggerakkan otot-otot Anda, melonggarkan sendi untuk memungkinkan darah mencapai area tubuh ini, yang cukup untuk meringankan rasa sakit. Untuk rheumatoid arthritis, olahraga teratur juga meningkatkan efisiensi penyakit.
  • Stres: Menurut penelitian dari Carnegie Mellon University, berjalan, berlari atau berolahraga dengan lembut selama 20-30 menit 3 kali seminggu akan membantu Anda mengurangi kecemasan dan stres, terutama jika Anda berlatih dan mendengarkan musik.
  • Sistem pencernaan yang tidak sehat: Ketika sistem pencernaan mengalami masalah, Anda harus berolahraga. Berlari atau berjalan cepat selama 30 menit akan membantu Anda mencerna makan malam dengan cepat. Saat berolahraga, makanan dengan cepat dicerna melalui saluran usus dari tubuh, mengurangi risiko sembelit.
  • Kesulitan tidur: Jika Anda merasa sulit untuk tidur atau tertidur di malam hari, Anda mungkin perlu berolahraga lebih banyak di siang hari. Penelitian oleh Northwesten University, AS, menunjukkan bahwa orang yang berlatih lebih dari 75 menit tidur lebih sering daripada mereka yang tidak berpartisipasi dalam aktivitas fisik bahkan ketika tidur di ruangan yang gelap, dingin, dan sama.
  • Sulit untuk menahan godaan dengan alkohol, rokok, dan makanan tidak sehat: Olahraga tidak hanya membantu Anda memiliki tubuh langsing, tetapi juga membantu Anda mengendalikan nafsu makan. Studi yang dipublikasikan dalam Current Neuropharmacology, menunjukkan bahwa olahraga dapat mencegah pembentukan racun di otak.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *