7 Prinsip Dasar Melakukan Latihan Yoga Dengan Benar

7 Prinsip Dasar Melakukan Latihan Yoga Dengan Benar

Things Idont UnderStand – Berlatih yoga membantu tubuh tetap sehat, rileks, meningkatkan kesehatan, dan meningkatkan kualitas hidup. Siapa pun dapat berlatih yoga, tetapi tidak semua orang tahu cara melakukannya dengan benar, jika berlatih yoga secara tidak benar, maka dapat menyebabkan cedera. Jadi, sudahkah Anda menguasai prinsip-prinsip dasar untuk berlatih yoga dengan benar? Karena itu untuk membantu Anda mendapatkan latihan yoga yang baik dan benar, kami akan menjelaskan beberapa prinsip penting dan dasar yang harus selalu diperhatikan saat berlatih yoga. Agar saat melakukan latihan ini dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh dan menghindari hal yang tidak diinginkan saat latihan.

7 Prinsip Yang Perlu Diketahui Saat Melakukan Latihan Yoga Yang Benar

Yoga membutuhkan bimbingan

Saran pertama dan paling penting bagi para profesional untuk membantu Anda berlatih yoga dengan benar adalah Anda perlu memiliki instruktur untuk berlatih paling efektif dan melindungi kesehatan Anda.

Jika Anda berlatih yoga tanpa bimbingan atau metode yang tidak tepat, mungkin saat berlatih Anda akan melakukan gerakan dan posisi yang salah, yang dapat menyebabkan cidera, dislokasi, patah tulang, masalah kardiovaskular dan kelelahan.

Selain itu, latihan pernapasan dalam yoga sangat penting tetapi jika Anda tidak memahami instruksi cara bernapas yang benar dalam berlatih yoga, maka latihan yoga yang dilakukan tidak akan efektif.

Waktu latihan terbaik

Waktu terbaik untuk berlatih yoga adalah di pagi dan sore hari. Di pagi hari, pikiran akan lebih fresh dan tubuh menjadi berenergi; di malam hari, tubuh akan menjadi lebih rileks setelah seharian beraktivitas dan pikiran mulai lelah. Jika Anda berlatih yoga di pagi hari, berlatihlah pernapasan terlebih dulu dan kemudian berlatih asana (gerakan); berlatih di malam hari, berlatih asana pertama dan kemudian berlatih pernapasan.

Latihan Pernafasan dengan benar

Tidak ada yang bisa berlatih yoga dengan benar jika Anda tidak bisa bernapas dengan benar saat berlatih yoga. Latihan pernapasan harus akurat: Tarik napas melalui hidung dan buang napas dengan hidung atau mulut, tarik dan kencangkan perut Anda dan buang napas lagi untuk menahan perut Anda; Ambil napas dalam-dalam untuk meningkatkan oksigen, kurangi jumlah karbon dalam darah dan otot Anda sehingga Anda memiliki lebih banyak energi untuk berlatih. Jika bernafas dengan tidak benar, hal ini akan membuat latihan menjadi tidak efektif dan dapat mempengaruhi sistem saraf, yang mengarah ke depresi dan stress.

7 Prinsip Dasar Melakukan Latihan Yoga Dengan Benar

Sebaiknya biarkan perut kosong sebelum berlatih

Anda harus berlatih yoga ketika perut Anda kosong, jangan makan banyak sebelum berlatih selama 4 jam atau makan 2 jam sebelumnya. Karena itu, yoga harus dipraktikkan di pagi hari atau sore hari ketika perut kosong untuk mendapatkan efek terbaik. Orang dengan tekanan darah rendah dapat minum susu atau jus buah selama sekitar 30 menit sebelum berlatih untuk menghindari pusing saat lapar. Setelah yoga, setelah 10 – 15 menit, Anda harus makan makanan cair, setelah 30 menit untuk makan makanan padat.

Mulailah dengan hati-hati sebelum berlatih

Untuk berlatih yoga dengan benar dan efektif, Anda harus memulai dengan baik sebelum berlatih. Mulai sekitar 45 menit untuk melemaskan sendi leher, bahu dan punggung Anda sehingga membuat otot Anda rileks, saraf dan energi mulai bergerak sehingga tubuh Anda beradaptasi dengan intensitas tinggi. Anda akan berlatih pose lebih ringan dan menghindari cedera yang tidak menguntungkan saat berlatih.

Ikuti prosedur latihan

Latihan yoga terdiri dari 5 langkah: Meditasi – pemanasan – berlatih asana – pijat – rileks dan praktisi perlu mengikuti langkah-langkah ini untuk berlatih yoga dengan benar. Latihan harus lambat, hati-hati, dan akurat di setiap gerakan sehingga latihan menjadi efektif. Setelah latihan, Anda akan menemukan pikiran Anda rileks dan tubuh terasa ringan. Secara khusus, harus dicatat bahwa yoga bukan gerakan sesaat, membutuhkan ketekunan, kesabaran saat latihan dan harus melakukannya setiap latihan sampai akhir.

Katakan tidak pada 4 hal ini

Prinsip terakhir yang sangat penting bagi Anda untuk berlatih yoga dengan cara yang benar adalah melakukan dengan mengatakan tidak pada hal seperti : Tidak terburu-buru ( lakukan gerakan dengan lambat dan hati-hati), tidak ada catatan (tidak boleh dipaksa), tidak berlatih terlalu keras (berlatih sesuai kemampuan Anda) dan tidak malas (sangat fokus dan tahu cara rileks).

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang 7 Prinsip yang perlu diketahui saat melakukan latihan Yoga yang benar. Semoga dengan adanya informasi tentang prinsip dasar ini, Anda dapat melakukan latihan yoga dengan lebih sempurna dan mendapatkan manfaat yoga secara maksimal untuk tubuh dan pikiran. Teruslah berlatih sebaik mungkin dengan menerapkan prinsip dasar ini, sehingga kesehatan dalam tubuh Anda tetap terjaga.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *